Depok 10 Juni 2017 — masjidibadurrahman.or.id

Meskipun masih jam 4 sore, suasana di sekitar masjid Ibadurrahman Beji Depok sudah mulai gelap. Mendung menggelayut tanda hujan sebentar lagi akan turun. Namun semangat panitia Ramadhan tidak surut hanya karena hujan. Rencana kegiatan Buka Puasa Bersama (Bukber) yang sedianya di area luar masjid akhirnya diputuskan untuk dipinda9h ke dalam masjid. Untuk antisipasi turun hujan, maka tenda besar yang sudah disiapkan sejak lama untuk menampung jamaah yang akan ikut bukber kini dipenuhi meja dan tumpukan kardus berisi paket nasi dan makanan kecil lainnya.

Acara Bukber akhirnya dilaksanakan di dalam masjid, walaupun sebenarnya ruang bagian dalam  masjid Ibadurrahman masih kurang luas untuk bisa menampung seluruh warga Orchid Residence  yang mungkin totalnya lebih dari 500 orang. Namun karena terpaksa, yang penting acara bisa berjalan dan peserta tidak kehujanan. Sebagai informasi bahwa selama ini sejak adanya masjid Ibadurrahman tahun 2009 pelaksanaan Bukber selalu dilakukan di luar ruangan masjid mengingat jumlah jamaah yang meluber dan faktor kebersihan masjid.

Acara Bukber dimulai agak molor dari jadwal  karena pada jam 16.00 peserta belum kuorum.  Hal ini tentu membuat panitia sedikit galau apalagi gerimis sudah mulai turun.  Padahal panitia punya banyak sekali agenda dalam acara bukber ini. Namun, bersamaan dengan turunnya rahmat Allah berupa hujan, saat itulah rombongan jamaah terdiri dari anak-anak dan orang tuanya mulai berdatangan hingga seluruh ruang dalam masjid terisi penuh. Tanpa komando secara otomatis jamaah wanita sudah mengatur diri memenuhi separoh ruang pada bagian belakang masjid, sementara jamaah pria ada di bagian depan dan pinggir-pinggir selasar masjid karena berbagi ruang dengan ruang untuk tampilnya sambutan dan pengumuman pemenang lomba-lomba.  Alhamdulillah, melihat pemandangan seperti ini tiada kata lain yang patut diucapkan kecuali rasa syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala atas nikmat kerukunan, kekompakan warga Orchid Residence dan Jamaah Masjid dalam memakmurkan Masjid.

Di sisi lain, tepatnya di bawah tenda di bagian belakang terlihat beberapa ibu-ibu “relawan Bukber” sibuk sekali menyiapkan takjil bagi para jamaah semua. Ada yang menuang minuman teh hangat ke dalam gelas -gelas yang telah ditata rapi di atas meja saji, ada yang menyusun kotak-kotak kue takjil yang akan dibagi menjelang waktu maghrib nanti. Apresiasi panitia kepada para keluarga yang telah menyediakan sajian Takjil untuk Bukber ini (Warga Blok HIJK) semoga Allah membalasnya dengan kebaikan yang sempurna.

Tepat pukul 16.30 Acara Bukber akhirnya dimulai. Pak Yuniar Kurniawan selaku pembawa acara tampil di tengah-tengah kerumunan jamaah di bagian depan mulai membuka acara dengan memimpin jamaah untuk membaca basmalah “Bismillahirrohmanirohiim”.  Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembacaan Tilawah yang dibawakan oleh pasangan Ananda Thoriq dan Fahri. Ya, “Thoriq dan Fahri rupanya sudah dikontrak panitia ramadhan untuk beberapa even ramadhan di Ibadurrahman” seloroh salah seorang jamaah demi mengetahui Duet Tilawah ini juga yang kemarin Kamis bertugas di acara Ramadhan for Kids.

Agenda selanjutnya adalah sambutan Ketua Panitia Ramadhan 1438H. Dalam sambutannya Pak Aries sangat berterimakasih atas partisipasi seluruh jamaah masjid Ibadurrahman dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Partisipasi yang berbentuk material dan non material sangat berarti bagi berlangsungnya kegiatan dan merupakan wujud kebersamaan.

Momen Ramadhan memang penting bagi kita untuk maksimalkan kesempatan meningkatkan ilmu dan amal. Contohnya dari sisi penerimaan infaq atau shodaqoh yang demikian besar di Ramadhan sementara di bulan lain sangat kecil. Seharusnya kita bisa membawa spirit ramadhan kali ini dengan tetap komit dalam berinfaq ini di luar ramadhan agar kegiatan Masjid Ibadurrahman bisa berkesinambungan bahkan berkembang.

PEMBAGIAN HADIAH LOMBA

Agenda yang dinanti anak anak adalah pengumuman pemenang lomba lomba Ramadhan for kids dan lomba pawai ramadhan. Pak Aji selaku anggota tim Ramadhan for kids mengumumkan secara cepat para pemenang lomba yang kemudian mereka maju ke depan untuk foto. Namun berhubung waktunya mepet, hadiah akan diserahkan setelah sholat maghrib.

 

RENCANA RENOVASI MASJID TAHAP 2

Agenda berikutnya adalah Paparan tentang Rencana Pembangunan Masjid tahap kedua. Pak Seno mewakili bidang pembangunan menyampaikan desain masjid ibadurrahman yang rencananya bisa tertutup rapat dan ber AC atau terbuka menggunakan disain pintu putar 180 derajat. Ini merupakan investasi yang membutuhkan dana relatif besar.

Selain itu juga akan ada perbaikan pada fasad depan dan tempat imam, penambahan ruang perpustakaan, dan perbaikan taman. Setelah paparan tim pembangunan juga menyebar kupon komitmen wakaf atau infaq untuk pembangunan. Diharapkan dari komitmen ini akan dapat diperkirakan jumlah pendanaan yang bisa dihimpun untuk Pembangunan.

LAUNCHING MITRA ZAKAT IBADURRAHMAN

Agenda yang tidak kalah penting dalam Bukber kali ini adalah Launching Mitra Zakat Ibadurrahman (MZ Ibadurrahman). Lembaga ini terbentuk berdasar kerjasama antara DKM Ibadurrahman dan Laznas BMH dalam pengelolaan Ziswaf dan Dana Sosial di lingkungan masjid ibadurrahman.  Launching dilakukan dengan menggelar penandatanganan Perjanjian Kerjasama oleh Ketua DKM dan Perwakilan BMH Jabodetabek.

Dengan ditandatangani nya kerjasama ini secara resmi MZ Ibadurrahman bisa mulai melakukan kegiatan pengumpulan dan pendistribusian dana Ziswaf dan Dana Sosial yang terkumpul melalui program pemberdayaan masyarakat miskin di sekitar masjid, membantu menggerakkan ekonomi umat di level mikro dan berbagai program lain yang akan dikembangkan oleh Tim Bidang Ziswaf Ibadurrahman.

Diharapkan ke depan masyarakat Orchid Residence bisa mengalihkan pembayaran Zakat maal maupun dana lainnya nya dari lembaga zakat lain ke MZ Ibadurrahman agar kemanfaatannya bisa ikut dirasakan oleh para tetangga kita yang kurang beruntung secara ekonomi. Di samping itu para Muzaki juga bisa turut berperan aktif dalam program pendistribusian Ziswaf sehingga tercipta transparansi pengelolaan dan pendistribusiannya.

Sebagai agenda  terakhir bukber adalah Tausiyah menjelang Buka Puasa. Kali ini sebagaimana tahun lalu Ustadz Taupik Lubis didaulat kembali maju ke depan. Dengan gayanya yang khas menggunakan jurus “amplop”  Ustadz Taupik berhasil menyulap anak-anak yang tadinya berisik menjadi diam seribu basa.

Tausiyah pun dimulai dengan mengangkat judul tentang menjaga agar amal kita diterima. Karena amal kita itu hanya berujung pada 2 keadaan yaitu diterima atau ditolak.

Setelah bagi bagi amplop kepada 5 anak yang tertib, agenda bukber diakhiri dengan berbuka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah.

Alhamdulillah acara yang sangat meriah ini masih bisa terkendali hingga selesai. Meskipun tempat yang kurang memungkinkan karena menyatunya antara tempat makan dan sholat, namun dengan kesigapan petugas kebersihan lokasi untuk sholat langsung bisa dipakai meskipun harus ada 2 kloter sholat maghrib.

Selesai sholat maghrib kembali jamaah mengambil makanan dan membentuk lingkaran lingkaran kecil untuk bisa makan bersama di masjid ibadurrahman.

Tak lupa panitia mengucapkan beribu terimakasih kepada seluruh jamaah baik yang hadir maupun yang tidak sempat hadir karena ada keperluan lain atas partisipasi dalam berbagai bentuk demi suksesnya acara ini. Jazakumullah khoiron katsir semoga kita di pertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan…aamiin ya Robbal ‘aalamiin. (YW)

 

 

 

 

 

 

Buka Puasa Bersama Jamaah Masjid Ibadurrahman

One thought on “Buka Puasa Bersama Jamaah Masjid Ibadurrahman

  • April 27, 2018 at 6:54 am
    Permalink

    Pasti sangat lengkap acara buka bersamanya. Kalau boleh tau Apa saja menunua☺?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YouTube
YouTube