MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN MASJID

Depok, 1 September  2018

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Mengawali bulan September 2018 ini DKM Ibadurrahman mengadakan musyawarah membahas rencana pembangunan masjid Ibadurrahman.

Berikut kami sampaikan hasil musyawarah rencana pembangunan masjid Ibadurrahman.

Pak Hari Sukamto selaku Ketua Bidang pembangunan DKM Ibadurrahman menyampaikan paparan tentang Desain, layout, gambaran fasilitas masjid, dan rencana anggaran biaya serta model penggalangan dana.

Yang menarik dari paparan Pak Hari adalah masjid kita nanti selain multifungsi juga memiliki fasilitas yang lengkap diantaranya ruang ber-AC, sound system yang canggih, CCTV, Ruang kontrol audio dan lighting, Tempat wudhu yang indah, serta untuk jangka panjang kita telah siapkan rencana pemasangan lift utk akses ke lantai dua bagi yang terkendala melalui tangga.

Untuk rencana anggaran biaya secara total Rp 2,3 miliar belum termasuk lift.

Gambaran tentang penggalangan dana model kencleng (kaleng sumbangan) jika menggunakan asumsi 3 tahun dengan asumsi suatu keluarga mempunyai tiga orang anak Setiap anak menyisihkan Rp2.000 sedang ayah ibu menyisihkan Rp10.000 maka dalam satu hari satu keluarga akan bisa menyisihkan Rp26.000. Sehingga dalam satu bulan bisa terkumpul 26000 * 30 = Rp780.000. Artinya dalam satu tahun bisa mendapatkan Rp9.360.000. Dalam 3 tahun akan terkumpul Rp 28.080.000.

Dengan asumsi warga Orchid sejumlah 110 KK maka total dana dalam 3 tahun akan diperoleh 3 miliar Rp 3.088.800.000, atau sekitar Rp. 3,1M.

Ini suatu jumlah yang cukup realistis jika mengandalkan pendanaan dari internal warga.

Dari hasil diskusi menampung masukan dari para jamaah yang hadir diperoleh masukan sebagai berikut:
1. Target mulai nya pembangunan perlu ditetapkan diusulkan tanggal 1 Januari 2019.
2. Perlu memaksimalkan kegiatan publikasi dengan berbagai media sehingga lebih menarik dan menyemangati warga untuk berinfak untuk pembangunan masjid.
3. Perlu dibentuk tim yang bergerak cepat atau Task Force yang secara paralel akan mengurus tentang status dan legalitas tanah masjid.
4. Untuk itu dibentuk 3 tim yang menjadi panitia inti dari pembangunan masjid Ibadurrahman yaitu:
A. Tim teknis pembangunan
B. Tim Legal
C. Tim Publikasi
D. Tim Fundraising

Tim ini kemudian di dukung dengan satu Tim tambahan yaitu Tim Kontinjensi yang akan menangani peralihan atau perpindahan kegiatan peribadatan di Masjid Baiturrahman jika diperlukan dalam rangka pembangunan masjid.

Setelah sarapan pagi kemudian disepakati anggota tim yang masuk ke dalam susunan Panitia pembangunan masjid adalah sebagai berikut.

Ketua panitia: Pak Hari Sukamto

Sekretaris: Heri Supriono

Bendahara: Yuni Tjahyono

 

Tim teknis pembangunan
Pak Marno Pak Prima Pak Andi Sangga Pak Arif dan Pak Boy Bismar

Tim Legal
Pak Hendra Pak Wawan Pak Robithoh Pak Sayed dan Pak Yuniar Kurniawan

Tim publikasi
Pak Wisnu Pak Tanudi Pak Dana Pak Alam pak Kukuh dan Pak Arry

Tim Fundraising
Pak Azis Muslim Pak Yuni Tjahyono Pak Anto Pak Subur Pak Heri supriyono Pak Priyo Pak Emil Pak Alif Chandra Pak Dekky dan Pak Rahmat Pak Seno Hadi

Tim Contingency
Pak Taupik Pak Humam Pak Faried Pak Aries Pak Trias dan Pak Randy.

Untuk selanjutnya dengan telah dibentuknya panitia, tahapan pembangunan bisa segera dimulai mulai dari perencanaan, penganggaran, penggalangan dana dan pembangunan fisik.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’alawa taala memudahkan langkah kita dalam membangun rumah ibadah ini. Amin Ya robbal alamin.

(YW)

Suasana sarapan pagi
MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN MASJID 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YouTube
YouTube