Depok 1 September 2017 — masjidibadurrahman.or.id

Tahun 1438H ini hari raya Idul Adha jatuh tepat di hari Jumat. Kejadian ini termasuk kejadian yang jarang atau langka. Ada beberapa sunnah yang berkaitan jika hari raya idul fitri atau idul adha jatuh pada hari jumat. Di antaranya adalah sunnah dimana umat Islam boleh (ada rukhshoh) untuk tidak mengikuti sholat jumat jika di paginya sudah mengikuti sholat ied namun tetap sholat dzuhur.

Nah…berkenaan dengan kondisi tersebut DKM dihadapkan pada beberapa opsi tentang penyelenggaraan penyembelihan Hewan Qurban. Mau tetap diadakan hari jumat dengan risiko harus kerja lebih cepat lagi karena waktu yang terpotong untuk sholat Jumat, atau digeser hari Sabtu sebagaimana beberpa tahun lalu dalam menghadapi kondisi serupa.

Setelah menimbang berbagai masukan dari para jamaah dan saran beberapa ustadz yang mengisi kajian di Ibadurrahman, maka diputuskan pelaksanaan penyembelihan Hewan Qurban Hari Jumat dengan asumsi sebagian besar panitia Qurban banyak yang mengamb rukhshoh tidak sholat jumat.

Sikat cerita, atas izin Allah alhamdulillah proses penyembelihan, pencacahan, penimbangan   dan pengemasan bisa diselesaikan sekitar pukul 11.00. Namun demikian  saat itu  masih tersisa 3 Domba yang belum datang ke lokasi karena alamat yang salah.

Dengan cepatnya proses penyembelihan Hewan Qurban hingga siap menjadi paket Daging Qurban membuat distribusi bisa lebih punya banyak waktu.

Pembagian jatah untuk Pequrban  dapat disalurkan lebih cepat dari biasanya. Yaitu jam 11 an sudah diantar ke rumah masing masing. Hal ini juga merupakan rekor waktu tercdpat dari proses yang selama ini dilaksanakan di Masjid Ibadurrahman.

Setelah seluruh jatah Pequrban didistribusi dilanjutkan pembagian penerima paket terhadap Warga RY 1, 2, 3 dan 4 RW 17 Beji.

 

Masjid Ibadurrahman

Sapi disiapkan menuju area penyembelihan
Penyembelihan oleh Pak RT
Penyembelihan oleh Ketua panitia
Bagian Pencacahan memindah daging dari tulang
Pencacahan daging dan penimbangan dibantu oleh anak anak dan remaja

Qurban yuk…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YouTube
YouTube