Depok 10 Juni 2017 — masjidibadurrahman.or.id

Sabtu pagi ini terasa sekali kemeriahan di masjid ibadurrahman. Sejak pagi anak anak sudah merengek pengin ikut lomba lomba yang diadakan di masjid.  Sejak beberapa hari lalu memang sdh gencar diumumkan ke warga, jamaah masjid dan anak anak bahwa panitia akan menyelenggarakan sejumlah lomba buat mereka.

Maka pagi itu adalah hari yang sangat dinanti nanti. Terdengar sejak jam 6.45 panitia sudah mengumumkan “Perhatian-perhatian …bagi anak-anak yang mau ikut lomba di Ramadhan for Kids harap segera mendaftar di masjid”. demikian suara dari pengeras suara masjid Ibadurrahman. Maka mulai berdatanganlah anak anak dengan membawa serta perlengkapannya. Ada yang membawa meja gambar, krayon, cat air dan alat tulis lainnya.

Di dalam masjid panitia sudah sibuk mempersiapkan perlengkapan menata bangku dan menyiapkan peralatan yang diperlukan.

Tepat pukul 07.30 Acara dimulai. Singkatnya acara ini dimulai dengan pembukaan dan dongeng oleh Kak Erwin sebelum memasuki intinya yaitu lomba-lomba.

Ketua DKM dalam pembukaan acara mengajak anak anak untuk terus mencintai masjid, rajin memakmurkan masjid dengan hadir berjamaah di setiap waktu Sholat ketika sedang di rumah.

Semoga kelak di masa mendatang anak anak tetap istiqomah menjadi pemakmur masjid dimanapun berada.

Selanjutnya acara Dongeng bersama Kak Erwin. Kak Erwin yang terkenal lucu itu memulai dongengnya dengan salam yang khas. “Hallo….” kata Kak Erwin. Ternyata langsung disambut oleh anak anak dengan kata “Hai…”. “Wah Ternyata sudah biasa ya…” sela kak Erwin.

Kalau kakak bilang “Halo halo halo Hai…” anak anak pun menjawab dengan sigap “Hai Hai hai Hallo..”. Dan selanjutnya dongengpun dimulai. Kak Erwin bercerita dengan kisah anak yang namanya Danu yang telat sahur karena kemalaman tidurnya. Sementara adiknya si Ahmad karena setelah tarawih langsung tidur jadi mudah dibangunkan saat waktu sahur.

Singkat cerita Kak Erwin mengajak agar anak anak tidak bergadang kemalaman tidurnya agar bisa bangun sahur dengan segar.

Acara Lomba pun dimulai. Anak anak mulai dibagikan kertas bergambar masjid untuk diwarnai. Anak anak mewarnai dengan peralatan yang dibawanya ada krayon pensil warna sebagainya.   Sementara yang ikut lomba menggambar dibagi kertas polos.

 

Kelompok ke tiga adalah Workshop kaligrafi. Acara ini diikuti oleh anak anak yang sudah relatif besar atau remaja. Workshop diasuh oleh Ustadz Jumadi. Ustadz mencontohkan menggunakan spidol “Tebal Tipis” untuk bisa membuat komposisi tulisan atau guratan huruf arab menjadi indah dilihat.

 

Anak anak mengikuti workshop dengan seksama. Mempraktekannya di kertas yang sudah disediakan. Belajar menggunakan alat tulis tbal tipis baik denga. spidol yang sudah dibentuk ujung penanya maupun dengan modifikasi dua pensil yang diikat menjadi satu dengan karet.

Akhirnya mereka bisa juga menulis indah dan membuat komposisi kaligrafi menulis “Allah” dengan indah.

Harapan ke depan anak anak bisa menekuni seni kaligrafi ini dengan memperluas wawasan pengenalan jenis-jenis kaligrafi yang ada. Sebagaimana disampaikan Ustadz Jumadi “kalau bisa anak anak yang sudah ikut Workshop hari ini bisa membentuk kelompok untuk melanjutkan berlatih secara bersama dibimbing Ustadz yang menguasai.”.

Seluruh rangkaian lomba dan workshop ini ditutup dengan pembagian bingkisan. Adapun mengenai pemenang akan diumumkan dalam Acara Buka Puasa bersama nanti sore. (YW)

 

 

Ramadhan for Kids

2 thoughts on “Ramadhan for Kids

    • May 21, 2019 at 9:46 am
      Permalink

      alhamdulillah bisa membuat anak-anak rindu akan ramadhan terus terulang

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YouTube
YouTube